Selasa, 25 Juni 2019

DEFINISI MANAJEMEN ASET

Pengertian Manajemen, Aset, dan Manajemen Aset

Manajemen menurut George R. Terry (dalam Sugiama, 2010) "management is distinct process consisting of science and art, and followed in order to accomplish predetermined objective".

Aset berasal dari istilah asset (bahasa Inggris) yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah “kekayaan”
Aset berdasarkan perspektif ekonomi diartikan sebagai berikut: aset adalah segala sesuatu yang memiliki nilai ekonomi yang dapat dimiliki baik oleh individu, perusahaan, maupun dimiliki pemerintah yang dapat dinilai secara finansial
Kekayaan yang dimiliki oleh individu misal rumah, tanah, kendaraan dan sebagainya. Aset milik perusahaan seperti bangunan kantor, lahan perusahaan, mesin dan peralatan pabrik, perlengkapan pabrik serta properti lainnya
Aset menurut sudut pandang ekonomi adalah barang (thing) atau sesuatu barang (anything) dimiliki oleh seseorang, sebuah organisasi baik swasta maupun pemerintah yang memiliki:
1.nilai ekonomi (economic value),
2.nilai komersial (commercial value)
3.nilai tukar (exchange value).

       Manajemen Aset
Menurut Gima Sugiama (2013), manajemen aset adalah suatu ilmu dan seni untuk memandu pengelolaan kekayaan yang mencakup proses perencanaan kebutuhan aset, mendapatkan, inventarisasi, legal audit, menilai, mengoperasikan, memelihara, membaharukan atau menghapuskan, hingga mengalihkan aset secara efektif dan efisien.
Dolli D. Siregar (2004), manajemen aset adalah suatu profesi atau keahlian yang belum sepenuhnya berkembang atau populer di lingkungan pemerintahan maupun di satuan kerja atau instansi.
Menurut Kaganova dan McKellar, asset management adalah proses pengambilan keputusan dan implementasinya sesuaii dengan akuisisi, penggunaan, dan pembagian dari aset tersebut.
Menurut Danylo dan Lamer (1999), asset management adalah metodologi untuk secara efisien dan adil mengalokasikan sumber daya di antara tujuan dan sasaran yang valid dan bersaing.


Sumber : Sugiama, A Gima. 2013. Manajemen Aset Pariwisata. Bandung:Guardaya Intimarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DEFINISI MANAJEMEN ASET

Pengertian Manajemen, Aset, dan Manajemen Aset Manajemen menurut George R. Terry (dalam Sugiama, 2010) "management is distinct pr...